[The Story of My Life] LOLOS SNMPTN LINTAS JURUSAN?!



Halo temen temen semuaa.. Disini aku mau berbagi salah satu dari pengalaman aku yang mungkin berguna buat temen temen semua. Ya sesuai judulnya, yaitu tentang SNMPTN.



http://bangkudepan.com/wp-content/uploads/2016/03/snmptn.png


Apasih SNMPTN itu?



SNMPTN adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. SNMPTN merupakan salah satu jalur masuk ke PTN tanpa tes a.k.a hanya dengan melihat nilai rapor dll, dan kuota SNMPTN ini biasanya lebih besar dibandingin jalur lain. Nah kurang lebih seperti itu lah penjelasan tentang SNMPTN.


Pasti diantara temen temen yang masih SMA banyak yang pada bingung masuk jurusan apa dan di univ apa kan? Kalo iya berarti kalian gak sendiri, soalnya aku dulu juga ngalamin hal yang sama. Jadi dulu waktu masuk ke semester 2 kelas 12, itu lagi gencar gencarnya ngomongin tentang SNMPTN. Banyak dari perguruan tinggi yang mampir ke sekolah buat promosiin univ mereka. Dan kondisi aku saat itu aku masih gatau mau masuk mana, jurusan apa, jadi lumayan lah buat referensi. Tapi tetep bingung juga sih -_- jadi dulu itu sering mojok di kelas bareng temen temen pada ngomongin masuk univ apa, jurusan apa, pada galau mau masuk mana, sampe ada yang nangis, lengkap banget dah pokoknya.


Nah singkat cerita, abis try out gitu dulu kan dari sekolah, kita dikasi uname sama password buat login di portal pdss kalo gasalah untuk ngecek nilai kita bener apa nggak, sesuai rapor apa nggak, kalo udah sesuai , baru deh dikunci nilainya. Dan fungsi ini adalah untuk nge input nilai kita ke pusat buat SNMPTN ntar. Dan yang bisa masuk ikut seleksi SNMPTN ini cuman rangking 70% di sekolah. Waktu itu, sekolah aku ada ngurutin gitu total nilai dari semester 3,4, dan 5, diambil 70% nya, nah itulah yang bisa ikut snmptn. Alhamdulillah kemarin aku masuk. Berhubung kemarin waktu diurutin rupanya banyak nilai yang salah, jadi yang waktu itu di mading dia masih diatas garis aman, malah pas waktu log in buat snmptn malah banyak yang gak bisa login. Sedangkan yang dibawah garis aman malah pada bisa. Jadi beruntunglah kalian kalo nilai kalian tinggi, soalnya kalian bakalan aman.

Nah abis itu kita disuruh login di snmptn.ac.id buat milih prodi yang kita mau. Itu ntar ada di website nya kok tanggal tanggalnya.

Dan sebelum tanggal ini, aku galau berat gatau mau masuk apa. Karna aku tuh awalnya emang gamau kuliahh, maunya kerja. Soalnya sadar sih ekonomi keluarga gimana. Nilai aku juga naik turun, gajelas kayak orangnya *eh. Akhirnya aku memutuskan untuk mencari di internet gimana cara memilih prodi dengan baik dan benar. Kebanyakan dari website website itu bilang kalo milih jurusan buat kuliah itu sesuai dengan passion kita biar ga beban waktu kuliahnya.


Setelah menimbang dan mikir, akhirnya aku memutuskan untuk ngambil S1 Bahasa Korea UGM sebagai pilihan 1 dan S1 Teknik Industri UGM.

Ekstrim banget kan lintas jurusan? Iya aku dulu juga mikirnya gitu. Karna jurusan Bahasa Korea UGM itu jurusan IPS. Sedangkan aku jurusan IPA. Aku udah pasrah aja. Gimana gak pasrah?
1. Nilai aku naik turun gajelas dari smt 1,2,3,4,5.
2. Denger isu sana sini kalo lintas jurusan itu ngerugiin diri sendiri soalnya nilai yang ditotalin itu nilai yang mata pelajaran jurusan ips kalo milih prodi ips. Sedangkan aku ipa, gaada pelajaran ips. Dan dulu aku udah penjurusan dari kelas 10, jadi cuman ada pelajaran peminatan sosiologi.
3. Nilai ujian aku juga kemarin pas pasan 476,5 rata ratanya 79..
Dengan semua kenyataan diatas aku bener bener pasrah. Kalo lulus alhamdulillah, kalo gak ya gapapa.
Setelah menunggu..........
.
.
Akhirnya sampe pengumuman SNMPTN. Tanggal 9 Mei 2016 jam 1 siang. Aku gamau buka pas pasan jam 1. Jadi aku ngejemurin baju dulu, makan dulu, ini itu dulu wkwkwk dan aku bukanya jam setengah 2 siang di portal ugm.snmptn.ac.id . itu website mirror untuk menghindari server snmptn.ac.id down. Setelah masukin NISN dan tanggal lahir.. Hasil yang keluar adalah......
Jeng jeng

AKU KETERIMA DI UGM!!! Aku girang banget loncat loncat ga jelas nari nari ga jelas sampe mama aku geleng geleng sendiri.. Aku udah ngebayangin bisa naik pesawat dari pontianak ke jogjakarta. Terus ke ugm. Ketemu temen temen semuanya yang keterima.. Seneng banget deh pokoknya..

Malam abis pengumuman ada kakak tingkat bakor ugm yang ngehubungin aku dan rupanya dia nyatuin kita semua yang lolos bahasa korea ugm buat dimasukin grup. Dan aku baru tau yang diterima SNMPTN di jurusan S1 Bahasa Korea itu cuma 16 orang. Aku ngerasa beruntung banget..
dan aku sempet nanya nanya gitu ke temen temen yang lolos, rupanya juga ada yang lintas jurusan.. sekitar 3-4 orang gitu deh.. tapi ini lintas jurusan hanya berlaku dari IPA ke IPS aja.. jarang sih aku denger IPS bisa ke IPA kecuali kalo di prodi nya gitu ada nyantumin jurusan jurusan apa aja yang bisa masuk ke prodinya. bisa dicek kok ntar di website snmptn nya kalo prodi ini bisa dimasukin jurusan apa apa aja, berapa yang tahun lalu lolos gitu.

Jadi intinya disini, kalo kalian mau ekstrim banget kayak aku lintas jurusan begini, kalian harus yakin aja sama banyak banyak doa biar jalannya dimudahin sama Allah SWT. Tawakkal ajaa. Dan naikin nilainya kalo bisaa.. Semangat!!


Nah begitulah cerita aku bisa keterima di UGM jalur SNMPTN lintas jurusan. Terima kasih sudah membaca 😃😃😉


p.s: aku gajadi ngambil snmptn ini soalnya ga dibolehin orang tua :" 

Komentar